RM.Torani-Balikpapan

Selasa, 13 Juli 2010

Ingat yang Ini deh,,,.....



                  Ingat....!!
5 Perkara  
Sebelum 
5 Perkara
Kata tersebut sama artinya dengan lebih baik mencegah dari pada mengobati. Kita sebagai manusia tempatnya lupa, kadang sering kali kita berbuat semau kita, tanpa harus memperhatikan apa yang kita perbuat. 


1. Pertama masa hidupmu sebelum datang masa kematianmu
Kita sebagai manusia yang hidup di dunia ini harus mengabdi kepada sang pencipta yang telah menciptakan kita di dunia kita. Kita harus bersyukur kepadaNya. Bila kita tidak mengucap syukur dan kita selalu berbuat semau kita pasti sang pencipta akan mengambil nyawa kita, sehingga kita sudah tak lagi hidup di dunia melainkan kita hidup ke alam selanjutnya yaitu akherat. Disana kita akan mempertanggung jawabkan semua apa yang telah kita perbuat selama kita diberi kesempatan hidup di dunia.. Jika kita sebagai manusia tidak bisa memanfaatkan sebaik mungkin maka celakalah kita. Kita hanya merasakan bahagia dalam dunia tapi kita tidak bisa merasakan bahagia di akherat. Manusia diciptakan untuk mengabdi kepada sang pencipta. Jadi pergunakanlah masa hidupmu dengan sebaik mungkin karena bila tiba kematianmu kamu tidak bisa berbuat apa apa, Cuma penyesalan saja yang bisa kamu lakukan.
2. Pertama masa sehatmu sebelum datang masa sakitmu
Jika kamu diberi kesehatan maka syukurilah, jangalah kamu merusak tubuh yang diberikan sang pencipta kepadamu, kamu rusak dengan perbuatan yang dilarangNya. Bila kamu melakukan itu maka kamu akan merasakan sakit. Kalau sudah merasakan sakit maka semua aktifitas kamu akan terganggu dan kamu hanya bisa terbujur kaku di atas tempat tidur kamu. Kamu tidak bisa melakukan kegitan kamu karena kamu sakit. Allah menyayangi orang yang suka merawat tubuhnya dengan baik. Bila kamu sehat semua kegitan bisa kamu lakukan dengan baik dan kamupun bisa melakukan perintah perintahNya dengan baik. Dan pada akhirnya derajat kamu dinaikan. Jadi jangalah kamu nodai tubuh kamu dengan larangan laranganNya. Karena kamu akan merasakan sakit yang bisa membuat kamu tak nyaman dalam hidup ini.
3. Pertama masa luangmu sebelum datang masa sibukmu
Pergunakan masa luangmu dengan kegitan kegiatan yang positif, sehingga kamu tak membuat orang lain kecewa dan kamu bisa merasakan bahagia. Apabila kamu selalu sibuk dan tak ada waktu untuk melakukan kegitan lain, maka rugilah kamu. Karena kebahagian itu tercipta ketika kamu bisa meluangkan waktu kamu untuk orang lain.
4. Pertama masa mudamu sebelum datang masa tuamu
Selama ini banyak sekali anak muda yang selalu menyianyiakan masa mudanya dengan hura hura, mengamburkan uang semau dia, foya foya, berkelahi, minum minum, judi dan hal yang paling parah adalah melakukan hal yang sangat hina, yang sangat dibenci oleh Allah. Nauzhubilah min zdhalik. Setelah tua baru menyesali perbuatannya. Kemudian bertobat. Atau tak jarang kita temui kalau sudah tua masih saja melakukan hal tersebut. Masya Allah, semoga kita tidak termasuk dalam hal itu. Amien..
5. Pertama masa kayamu sebelum datang masa miskinmu
Kekayaan merupakan anugrah dari sang pencipta kepada kita. Dan bila kita tidak mempergunakan dengan baik maka kita akan merasakan miskin akan semua hal yang tidak punya. Missal kita kaya dalam harta tetapi kita salah pergunakan maka suatu hari kekayaan tersebut diambil lagi. Kita jatuh miskin, sudah tak punya apa apa. Apa yang akan kita lakukan? Pasti kita akan melakukan hal hal yang negative. Semua itu bisa kita cegah dengan menyisikan sebagian harta kita untuk orang yang memerlukan, missal kepada anak yatim piyatu, panti asuhan dan hal yang tidak kita bayangkan kita bisa mendirikan Masjid(rumah Allah) maka Allah semakin sayang kepada kita dan harta kita bisa diberkahiNya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar